Gempa M 4,9 Guncang Gianyar Bali, Getaran Berasa sampai Lombok

ruraltelecon.org – Gempa bumi dengan magnitudo (M) 4,9 mengguncangkan daerah Gianyar Bali, Sabtu (7/9/2024).
Berdasar hasil analitis Tubuh meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada jam 9:51 WITA itu terpusat di darat, 2 km timur laut Gianyar pada kedalaman 10 km.

BMKG menerangkan gempa bumi yang terjadi adalah tipe gempa bumi dangkal karena kegiatan sesar aktif di darat. Berdasar hasil analitis proses sumber memperlihatkan jika gempa bumi mempunyai proses gerakan turun.

Adapun imbas gempa bumi berdasar laporan warga berbentuk guncangan dirasa di daerah Gianyar dengan rasio III-IV MMI di Tabanan, Badung, Denpasar, Klungkung, Mataram, Lombok Timur, Lombok tengah dan Lombok Barat III MM

Tidak ada laporan kerusakan yang diakibatkan karena gempa itu.

“Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik memperlihatkan jika gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” tulis Kepala Balai Besar MKG Daerah III Denpasar Cahyo Nugroho dalam info resminya.

Sampai jam 10:21 WITA tidak ada gempa susulan yang disampaikan. BMKG juga menghimbau warga supaya masih tetap tenang dan tidak dipengaruhi oleh rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenaranya dan menghindar dari bangunan yang rengat atau rusak disebabkan oleh gempa.

“Check dan pastikan bangunan rumah anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan karena getaran gempa yang mencelakakan konsistensi bangunan saat sebelum anda kembali di dalam rumah,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *